Tips Mengatasi Gangguan Muskuloskeletal Selama Kehamilan

Penyakit Muskuloskeletal ibarat nyeri pinggang dan nyeri iga merupakan masalah umum kehamilan. Hampir 50% perempuan hamil di duga menderita penyakit tersebut.

 ibarat nyeri pinggang dan nyeri iga merupakan  Tips Mengatasi Gangguan Muskuloskeletal Selama Kehamilan

Nyeri punggung sewaktu hamil disebabkan oleh bertambahnya kelemahan ligamenta tulang belakang lantaran meningkatnya kadar hormon relaxin dan progesteron. Keadaan ini mengakibatkan tulang belakang gampang diserang selama olahraga dan mengangkat beban. Sendi sacroiliaca ( dalam pelvis ) yang terutama rentan disebabkan penambahan beban antara sacrum dan ilium.

Ketika fetus tumbuh, berubahnya postur dan gaya berat menjadikan stres pada kawasan yang berbeda pada tulang belakang. Keadaan ini dapat diperburuk oleh postur yang jelek.

Daerah Nyeri

Nyeri mungkin terlokalisasi pada serpihan bawah pinggang atau menyebar ke pangkal paha, bokong, atau tungkai bawah. Nyeri menurun pada serpihan belakang tungkai bawah yang mungkin disebabkan oleh iritasi saraf ischiadicus. Nnyeri dari sendi sacro-iliaca biasanya terlokalisasi pada satu sisi di sacrum, meskipun  juga dapat dirasakan di pangkal paha.

Menghindari Nyeri Pinggang

Wanita hamil harus menaruh perhatian khusus  kalau mengangkat barang ( ibarat megangkat barang belanjaan ke luar dari kendaraan beroda empat ). Meskipun olahraga bermanfaat, acara tertentu ( contohnya mengangkat barang berat ) dapat memicu nyeri pinggang, lantaran gerakan tertentu dapat menjadikan regangan pada pelvis. Aktivitas sederhana ibarat gaya dada waktu berenang dapat memicu nyeri sendi sacro-iliaca. Kelas yoga antenatal khusus dapat membantu memperbaiki postur dan pernapasan, peregangan hiperbola harus dicegah.
Ketika duduk usang kursi harus ada sandaran pinggangnya. Menaruh satu kaki pada tempat duduk dengan sandaran yang rendah waktu bangun akan mengurangi lordosis lumbal ( lengkung serpihan pinggang ). Memakai sepatu bertumit rendah dan latihan memiringkan pelvis untuk meluruskan serpihan pinggang akan dapat membantu.

Penanganan Nyeri Pinggang

Otot Transversus abdominalis merupakan kelompok otot serpihan dalam perut yang bekerja sebagai korset dan mendukung tulang belakang. Wanita dengan riwayat nyeri pinggang akan mempunyai kegunaan untuk perbaiki tonus postural otot ini pada kehamilan muda.

Bila nyeri hebat atau berlangsung lebih dari beberapa hari merupakan indikasi untuk dirujuk ke serpihan fisioterapi atau mungkin diharapkan evaluasi mahir tulang. Mereka dapat menggerakkan tulang belakang dengan lembut untuk mengurangi nyeri dan memilih latihan penyembuhan. Ikat pinggang pendukung ibu dapat menghilangkan nyeri yang berasala dari duduk masalah sendi sacro-iliaca, lantaran akan mempertahankan stabilitas pelvis.

Nyeri Iga

Nyri iga mungkin dialami pada kehamilan trimester ketiga. Ini lantaran fetus dalam uterus mendorong ke atas dalam rangka iga atau dari regangan otot-otot ligamenta sekitar rangka iga. Keadaan ini sering kali memburuk pada satu sisi dan dapat sangat sakit, terutama kalau bayi menendang. Wanita biasanya merasa sembh saat fetus pindah ke bawah dan masuk ke rongga pelvis pada kehamilan lanjut.

Penanganan Nyeri Iga

Bila sedang duduk, sebagian tulang belakang harus didukung. Perhatian khusus harus diambil kalau duduk dalam mobil; bantal kecil atau handuk yang digulung dan diletakkan di serpihan belakang akan dapat membantu. Meregangkan tangan keatas kepala mungkin dapat mengurangi nyeri iga. Ahli fisioterapi atau mahir tulang dapat melaksanakan teknik mobilisasi lembut dan menunjukkan saran posisi yang dapat mengurangi nyeri.

Comments