Fisiologi Kehamilan Trimester Kedua

Kehamilan trimester kedua merupakan periode kehamilan mulai ahad ke-13 hingga ahad ke-28. Ini merupakan waktu stabilitas; Kehamilan sungguh-sungguh terjadi dan kedua orangtuanya memiliki kesempatan memikirkan pengaruh dari bayinya. baca juga : Madu Subur Max, Madu Penyubur Reaksi Cepat

sungguh terjadi dan kedua orangtuanya memiliki kesempatan memikirkan pengaruh dari bayinya Fisiologi kehamilan Trimester Kedua

Pada kehamilan , perempuan menjadi lebih siap dan lebih percaya diri terhadap kemampuan dirinya, sangat berbeda pada awal kehamilan ( Baca juga : Fisiologi Kehamilan Trimester Pertama ). Waktu kelahiran masih jauh sehingga mereka tidak merasa terlalu khawatir perihal pengalaman yang akan datang.

Ibu Merasa Tampak Sehat

Pada tamat ahad ke-14, banyak keluhan kecil yang bekerjasama dengan kehamilan akan terlewati, mengidam ( morning sickness ) tidak terjadi lagi dan ibu cenderung merasa tenaganya bertambah.
Wanita biasanya terlihat sehat, kemajuan terlihat faktual pada kulit dan rambut. Hormon mulai menurun dan perempuan kurang mencicipi gangguan emosional dan uring-uringan. Ini berarti bahwa, keprihatinan masih tidak terjadi dari waktu ke waktu. Rasa khawatir bisa muncul pada ketika tes dinyatakan positif.

Scan Rutin

Pada perempuan hamil secara rutin dilaukan duakali scan ultrasound – pertama pada waktu 11 hingga 13 ahad untuk memastikan tanggal dan untuk melihat apakah ada “ Down Syndrom “ dan yang kedua pada waktu 18 hingga 20 ahad untuk menyidik apakah fetus berkembang secara baik. Bagi perempuan yang berusia lebih dari 35 tahun dengan riwayat keluarga abnormal dianjurkan untuk dilakukan amniocentesis untuk menyidik kelainan genetik. ( baca juga : Tes selama Kehamilan yang perlu di Ketahui )

Scan pertama dilakukan kalau diperkirakan kehamilan kembar dua atau bahkan kembar tiga. Informasi menyerupai itu bisa menyebabkan shock dan kedua orangtuanya akan merasa takut perihal keadaan ekonominya, kemampuan mengurus dan proses kelahirannya. Orangtua juga harus diberitahu apakah fetusnya cacat atau ada yang tidak normal secara genetika dan mereka harus mengambil keputusan apakah akan melanjutkan kehamilan atau mengakhirinya.

Hasil yang terburuk pada ketika ini akan meluluhkan setiap pasangan. Mereka tampaknya sudah memiliki hubungan batin dengan fetus dan ketika melewati periode berbahaya pada trimester pertama ini, besar kemungkinan untuk menghasilkan bayi yang hidup. ( Bayi lahir terlalu dini ? baca selengkapnya )

Harapan Ayah

Bagi ayah yang tlah mengalami perasaan telah disisihkan apda awal kehamilan – bayi akan menjadi kenyataan ketika pertama kali mereka melihatnya pada monitor ultrasound ( USG ). Bagi wanita, ikatan diperkuat pada ketika yang sama, kalau mereka mencicipi sensasi pertama pada ketika bayi bergerak.

Perubahan Fisik pada kehamilan Trimester Ke-2

Sekitar ahad ke-16, pada perempuan mulai terjadi perubahan pigmentasi kulit, pu*ting Su*su ( papilla mamme ) dan kulit selitarnya mulai lebih gelap dan ada garis hitam ( linea nigra ) yang bisa terlihat pada pu*sar di perut yang disebut navel. Sekitar ahad ke-18 kehamilan, perut perempuan mulai kelihatan lebih bundar dan tidak lagi terlihat langsing.

Beberapa perubahan besar yang akan terjadi pada perempuan yang sedang hamil tergantung banyak faktor, termasuk tinggi dan bentuk badan. Faktor lain ialah apakah kehamilan pertama atau bukan, alasannya ialah otot uterus cenderung meregang sesudah anak pertama.

Bentuk perempuan akan mengalami perubahan yang tidak lezat dipandang dan memerlukan banyak toleransi dari pasangannya.

Pemecahan Masalah Keluarga

Kehamilan bisa merupakan waktu yang sempurna untuk menjadi orang renta guna menuntaskan segala dilema yang mereka alami sebelumnya, dan khususnya dalam persahabatan dengan orangtua mereka. Ini adlah waktunya untuk menjadi peduli pada rujukan hidup di masa kemudian dimana mereka memiliki kebebasan dan menyadarkan diri untuk mengubahnya.( baca juga : Bagaimana merencanakan sebuah Keluarga )

Keputusan Melahirkan

Hampir semua perempuan melaksanakan investigasi antenatal pertama pada antara 12 dan 16 minggu. Setelah itu mereka memeriksakan diri ke dokter atau bidan setiap empat ahad hingga 28 minggu. Tes rutin termasuk mengukur tekanan darah, penambahan berat badan, dan mendengarkan denyut jantung janin.
Selama periode ini pasangan harus mengambil keputusan untuk melahirkan dengan jalan apa yang mereka pilih, contohnya apakah mereka menginginkan melahirkan di rumah sakit atau di rumah, apakah mereka ingin penghilang rasa nyeri, dan siapa yang akan hadir. Beberapa ayah tidak mau menyaksikan kelahiran.

Kelas Melahirkan

Banyak calon orang renta pada anak pertama perlu untuk mengikuti kelas melahirkan. Dengan mengajarkan calon orangtua perihal perubahan fifiologis yang terjadi selama kehamilan dan kelahiran, dan melaksanakan latihan untuk mengurangi dan mencegah ketegangan, mereka banyak membantu perempuan yang takut melahirkan.

Di kelas ini juga menunjukkan pasangan kesempatan untuk bertemu pasangan lain yang berada dalam situasi yang sama dan bisa membantu perempuan untuk membuat hubungan sosial yang berkhasiat untuk menunjang mereka dalam kesempatan lain kalau mereka berhenti bekerja.

Mempersiapkan Bayi

Periode menjelang tamat trimester ke-2, ketika perempuan merasa penuh dengan semangat dan kekuatan, bisa merupakan waktu yang sempurna untuk mempersiapkan perlengkapan bayi. Ini meliputi kamar bayi dan membeli baju yang penting, ranjang dan alat toilet ( secara koletif disebut pakaian bayi ) dan perlengkapan bayi. Bila perempuan hamil menunda kiprah menyerupai itu hingga tamat trimester ke-3, mereka mungkin akan mencicipi dirinya terlalu lelah.

Mengambil Keputusan

Beberapa pasangan mencicipi bahwa kehamilan menunjukkan kesempatan mendapatkan banyak ansihat dari keluarga dan teman-teman dan bahkan saran. Hal yang penting ialah pada karenanya pasangan harus tetapkan apa yang terbaik bagi mereka dan bayinya.

Comments