Apa Itu Disfungsi Pubica Pada Kehamilan ?

Tulang sendi pelvis kedua pada bab depan di bentuk oleh symphisis pubis. Selama kehamilan, hormon relaxin dan progesteron melunakkan ligamenta dalam sendi ini, yang dapat menjadikan gerakan hiperbola dan nyeri hebat.

Perlunakan symphisis pubis pada kehamilan, oleh adanya penambahan kadar hormon, dapat mengakibatkan disfungsi pubica. Walaupun ini penting untuk pelvis biar dapat cukup elastis untuk memungkinkan bayi melewatinya waktu terjadi kelahiran. Gerakan hiperbola pada symphisis pubis dapat mengakibatkan nyeri hebat dan melemahkan. Namun ini bukan merupakan komplikasi umum dari kehamilan, tanda-tanda ini harus dikenali biar dapat diambil tindakan perbaikan.

Gejala

Nyeri hebat biasanya dirasakan di tempat kema*luan ( pubica ), tetapi juga dapat menyebar ke pangkal paha, abdomen, dan tungkai bawah. Bila persoalan menjadi berat, pada sendi mungkin terdengar bunyi ‘klik’ saat satu tungkai bawah digerakkan keatas atau kebawah. Naik dan turun tangga, bangun dengan satu kaki, berjalan dan sekalipun melingkar di atas ranjang dapat mengakibatkan nyeri. Symphisis pubica mungkin sangat nyeri kalau ditekan.

Tips Menghilangkan Disfungsi Pubica

Ahli fisioterapi atau hebat tulang yang berpengalaman terhadap persoalan obstektrik akan mamu menawarkan saran kepada perempuan hamil wacana disfungsi pubica. Suatu ikat pinggang pendukung ibu akan mempunyai kegunaan membantu membatasi gerakan antara dua tulang pubica.

Ikat Pinggang pendukung ini akan membantu mengurangi nyeri pinggang bawah selama hamil alasannya ialah menyokong berat bayi

Wanita akan diingatkan bagaimana melaksanakan acara tertentu menyerupai meninggalkan ranjang dan kendaraan beroda empat tanpa mengakibatkan tekanan pada symphisis pubis.

Sangat penting bagi semua orang yang terlibat dalam proses kelahiran untuk mencurigai keadaan ini, saat meregangkan tungkai bawah untuk melebarkan sebagian jalan lahir memudahkan bayi lewat akan meicu keadaan ini.

Comments