Tips Dan Teknik Mudah Mengobati Kram Tungkai

Tips dan Teknik Mudah Mengobati Kram Tungkai Tips dan Teknik Mudah Mengobati Kram Tungkai
Tips dan Teknik Mudah Mengobati Kram Tungkai Kram ialah kondisi kejang ( spasme ) yang nyeri, biasanya keadaan ini sering terjadi di kawasan betis atau otot kaki. Nyeri biasanya terjadi selama beberapa menit. Anda sanggup mengalami kram selama olahraga atau pekerjaan berat, atau dikala kekurangan garam dan mineral. Perenang mengalami kram jikalau kedinginan dan kecapaian.

Meskipun kram biasanya sanggup hilang dengan sendirinya, namun langkah ini setidaknya akan membantu mengurangi ketidaknyamanan akhir kram yang terjadi pada anggota gerak Anda.
  • Jika Anda kram dikala melaksanakan olahraga, berhentilah. Perlahan pijat ototnya. Jika kejangnya di betis, regangkan kaki. Tarik jari ke arah lutut Anda. Tahan sampai ototnya rileks.
  • Jika kram terjadi dikala Anda di tempat tidur, berdiri dan gerakkan kaki atau berjalan. Jika nyeri, coba regangkan otot menyerupai diatas.
  • Jika kram akhir berenang, berendam atau mandi pancuran air hangat, bungkus otot dengan handuk hangat. Pakai baju hangat atau tutupi kaki dengan selimut sesudahnya. Untuk kram akhir kelelahan, bungkus sekantung es dengan handuk berair dan tempelkan di otot selama 10 menit.

 

Pencegahan Kram

Lakukan langkah-langkah berikut ini bila Anda sering mengalami kram, dan tips ini akan membantu Anda mencegah kram. 
  • Minum 8 gelas air dalam sehari. Minum 1-2 gelas 2 jam sebelum melaksanakan olahraga, 1 gelas setiap 15-20 menit dikala olahraga; dan banyak minum cairan sesudahnya.
  • Laukan pemanasan sebelum olahraga, hentikan jikalau Anda perlu istirahat.
  • Lakukan peregangan betis untuk sembuhkan dan mencegah kram ( lihat teknik prakis pergangan betis ).
  • Makan makanan yang banyak mengandung kalium, megnesium dan kalsium, menyerupai alpukat, dan pisang, jeruk,susu, sayuran berwarna gelap, dan kacang.
  • Mero*kok berkontribusi pada resiko kram.

 

Teknik Mudah Peragangan Betis Untuk Mencegah Kram Tungkai

Teknik ini dilakukan sebelum dan setelah memakai otot kaki dalam waktu usang dan sebelum tidur jikalau rentan dengan kram dikala malam hari.
  • Berdiri sekitar jangkauan lengan dari dinding dengan satu kaki di depan yang lainnya dan tangan Anda menekan dinding setinggi bahu.
  • Pertahankan kaki datar di lantai, condongkan ke depan, tekuk lutut depan dan telapak kaki ke lantai. Anda akan merasa otot betis di kaki belakang tertarik. Ulangi latihan ini dengan kaki lainnya.
Semoga artikel Tips dan Teknik Mudah Mengobati Kram Tungkai sanggup membantu Anda yang kerapkali mengalami kram, dan jikalau kram Anda tidak berkurang dengan tips dan teknik tersebut, atau bahkan bertambah parah, sebaiknya perlu berkonsultasi dengan dokter Anda.

Comments